CeloteHany

penulis lepas yang menyukai darat, laut, dan langit

February 4, 2018

Menteng, Si buah kecil yang masam

Buah Menteng dan Bencoi

Jenis buah yang satu ini namanya Menteng (Baccaurea racemosa (Reinw. ex Blume.) Mull. Arg.). Persebaran tumbuhan ini terdapat di Indonesia, Thailand, dan Semenanjung Malaysia. Di Indonesia banyak terdapat di Jawa, Kalimatan, Sumatera, dan Bali. Pohon menteng merupakan tanaman buah musiman, dimana akan berbungan pada bulan Oktober hingga Desember, sedangkan musim buahnya antara bulan Januari hingga Maret.

Sekilas buahnya mirip duku, berukuran 1-2,6 cm. Jika telah masak kulit buahnya berwarna hijau kekuningan dan hampir oren. Daging buahnya tidak dapat lepas dari bijinya, sehingga ketika dikonsumsi langsung, biasanya bijinya ikut ditelan. Warna daging buahnya terdapat dua macam, putih dan merah. Di daerah Sukabumi, buah yang berwarna putih disebut Menteng, sedangkan buah yang berwarna merah disebut Bencoi.

kanan : Bencoi, kiri : Menteng
Jika dibandingkan antara Menteng dan Bencoi, sekilas mirip, namun umumnya Bencoi memiliki bentuk buah yang lebih bulat dibandingkan dengan menteng yang agak oval. Keduanya sama-sama memiliki rasa buah yang masam dan agak sedikit manis jika sudah masak. Menurut saya, rasa Bencoi lebih masam dibanding Menteng. Karena rasanya yang segar, selain dikonsumsi langsung, buah ini juga sering diolah menjadi asinan, sirup, dan ada juga yang menjadikannya minuman berfermentasi seperti wine.

Selain dikonsumsi sebagai buah, ternyata buah yang kecil satu ini dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit, mata, tulang dan gigi, serta menyembuhkan berbagai penyakit seperti anemia, dan diare. Hal ini dikarenakan adanya kandungan saponin, flavoinoida, tanin, dan alkaloid. Serta nutrisi lainnya seperti kalori, kalsium, fosfor, protein, vitamin A, B1, C, serta zat besi.

Buah Bencoi
Selain buahnya, meminum rebusan dari daun Menteng dipercaya dapat menyembuhkan mencret dan memperlancar haid pada wanita. Selain itu, batang dari tumbuhan ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan dan bahan pembuat kapal karena sifat kayunya yang kuat.


Referensi :
http://www.agrobisnisinfo.com/2015/05/buah-menteng-atau-kepundung-siapa-yang.html
https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/fruits/health-benefits-of-baccaurea-racemosa
T.K. Lim. 2012. Edible Medicinal and Non-Medicinal Plants : Vol.4, fruits. London (NY): Springer Dordtrecht Heildelberg.

No comments:

Post a Comment